Tips Memilih Karet Bet Tenis Meja Berkualitas

Tips Memilih Karet Bet Tenis Meja Berkualitas

Olahraga tenis meja atau biasa disebut permainan pingpong merupakan jenis olahraga yang simple dan menyenangkan. Banyak orang yang menyukai olahraga tenis meja ini karena tidak terlalu ribet untuk mempersiapkan alatnya. Peralatan yang diperlukan untuk bermain tenis meja atau pingpong diantaranya karet bet tenis meja, meja tenis, net, bola hingga pakaian olahraga atau yang mudah menyerap keringat. 

Biasanya, seseorang yang bermain tenis meja akan merasa kurang cocok dengan net yang akan digunakan, sehingga beberapa kali memilih dan memilah pilihan net yang tersedia hingga menemukan karet bet yang pas di genggaman. 

Jika Anda merupakan pecinta olahraga tenis meja, ada beberapa tips untuk memilih karet bet tenis meja terbaik untuk anda gunakan. 

Tips Memilih Karet Bet Tenis Meja Terbaik 


Pilih Bet Tenis Meja Bukan Berdasarkan Harganya

Beberapa orang telah salah mengerti mengenai hal ini. Mereka beranggapan bahwa bet yang harganya mahal pasti baik dan berkualitas. Namun ketika dicoba, rasanya biasa-biasa saja bahkan kurang cocok digenggaman tangan. Bet yang mahal belum tentu enak digunakan bagi sebagian orang, mungkin karet bet tenis meja dengan harga yang bersahabat lebih cocok. Jadi jangan menyimpulkan bahwa harga yang mahal pasti mempengaruhi kecocokan bet dengan penggunanya, karena itu belum tentu. 

Pilih Berdasarkan Grip yang Cocok

Setiap orang yang bermain tenis meja pasti memiliki kriterianya masing-masing dalam hal kenyamanan penggunaan karet bet. Jika Anda mengenali cara bermain Anda sendiri, itu akan lebih mudah dalam memilih karet bet yang cocok sesuai dengan kriteria Anda. 

Terdapat 2 jenis pegangan pada karet bet tenis meja, yaitu penhold grip dan shakehand grip. Shakehand grip yaitu dimana cara memegang bet sama halnya ketika Anda sedang berjabat tangan dengan orang lain. Sedangkan penhold grip untuk mendapatkan kontol yang lebih penuh yang banyak digunakan. 

Agar tidak salah memilih, Anda perlu mencoba melakukan serving dan returning bola pingpong beberapa kali untuk memastikan bahwa pegangan atau grip itu cocok dengan genggaman tangan Anda. Perlu diketahui juga, untuk masing-masing tipe tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Shakehand grip akan memberikan tekanan lebih serta kekuatan ketika mengembalikan bola, sedangkan penhold grip akan membantu membuat pukulan yang cepat secara natural. 

Menilai Berat Karet Bet

Menilai berat dari karet bet yang akan dipilih juga mempengaruhi kenyamanan dalam penggunannya. Pilih karet bet dengan berat yang seimbang agar nyaman digunakan dan biasanya kebanyakan orang akan memilih bet yang beratnya agak kedepan sedikit. 

Jangan lupa juga dengan gripnya. Kalau bagian pegangan cukup besar, maka bet yang lebih berat kedepan akan lebih mudah digunakan dan ditoleransi. 

Pertimbangkan Tebal Tipis Karet Permukaan Bet

Dalam hal ini Anda perlu bermain tenis meja beberapa kali menggunakan beberapa pilihan karet bet, sehingga Anda bisa menentukan tebal atau tipis karet pada permukaan bet yang cocok untuk Anda gunakan. Tebal tipisnya juga memengaruhi perubahan kecepatan ketika mencoba mengembalikan bola. 

Bereksperimen dengan Bet Yang Berbeda Berat dan Ukuran

Sebelum Anda menentukan bet yang cocok, ada baiknya untuk mencoba dan bereksperimen dengan bet yang ukuran dan beratnya berbeda-beda. Banyak produk karet bet tenis meja yang tersedia dengan berbagai ukuran, bentuk dan modelnya. Maka dari itu, Anda perlu memastikan mana yang benar-benar cocok dengan gaya permainan tenis meja Anda. 

Itulah beberapa tips memilih karet bet tenis meja terbaik. Semoga membantu Anda untuk memilih karet bet yang tepat dan cocok untuk Anda gunakan.